Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Apa saja sih ciri-ciri kucing mau melahirkan ? Memelihara kucing sebetulnya sudah menjadi hobi banyak orang. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun memeliharanya. Bahkan tidak jarang, ada yang sampai mengkoleksinya.

Memelihara kucing jantan, bisa di katakan sudah biasa. Namun lain halnya jika memelihara kucing betina yang membutuhkan lebih banyak perhatian karena memiliki masa kehamilan dan kelahiran.

Meskipun pada dasarnya kucing melahirkan secara alami atau tanpa bantuan manusia. Namun terkadang tetap saja ada gangguan yang menyulitkan si induk kucing melahirkan. Maka dari itulah kita sih pemilik juga harus paham bagaimana cara menangani kucing yang akan melahirkan.

Ciri-Ciri Kucing Mau Melahirkan

Ciri-ciri Kucing Mau Melahirkan

1. Mencari lokasi yang sepi dan aman

Umumnya ciri-ciri kucing yang mau melahirkan ia akan mencari tempat yang nyaman, hangat, sedikit bersembunyi dari gangguan dan di tempat yang jarang di jangka manusia ( atap rumah, lemari, dan gudang ).

Jika kucing kamu sedang hamil besar, dan terlihat mondar-mandir menjelajahi sekitar rumah. Bisa jadi kucing kamu sebentar lagi mau lahiran.

Maka dari itu, si pemilik segera menyiapkan tempat yang nyaman sehingga si induk kucing bisa melahirkan dengan tenang, namun masih dalam pengawasan kita.

2. Tidur melulu

Gelagat kucing yang mau melahirkan adalah tidur dalam jangak waktu yang lama. Kucing yang mau melahirkan bahkan bisa tidur mencapai angka 20 jam penuh.

Sebagai pemilik tidak perlu risau. Karena sudah jelas menunjukkan jika kucin mau melahirkan. Kemungkinan si induk dengang mempersiapkan fisik dan staminanya kelak buat lahiran.

3. Air ketuban pecah

Layaknya manusia, hewan mamalia yang satu ini juga memiliki air ketuban. Jika waktunya mau melahirkan si induk kucing akan mengalami pecah air ketuban.

4. Mengeong terus

Ciri ciri kucing mau melahirkan selanjutnya adalah kucing kan mengeong-ngeong secara terus menerus dengan volume yang keras.

Nah di sini sebagai pemilik harus menjauhkan induk kucing dengan kucing jantan. Karena kucing jantan akan membawa anak kucing yang telah di lahirkan.

Bahkan tidak menutup kemungkinan, jika kucing jantan bisa memakan anak kucing tersebut, terutama yang berjenis kelamin jantan.

5. Keluarnya cairan kolostrum dari kelenjar susu

Induk kucing yang mengeluarkan cairan kolostrum berwarna agak kuning, maka seminggu kemudian induk kucing akan melahirkan.

Untuk itu, si pemilik harus menyiapkan tempat yang hangat dan nyaman untuk melahirkan.

Dan biasanya induk kucing akan membawa bayi kucing ke tempat yang bersih.

Yuk Baca : Ciri-Ciri Kucing Hamil Tua

6. Nafsu makan berkurang

Kucing yang mau melahirkan, umumnya memiliki nafsu makan yang jelek. Sehingga mengakibatkan kucing menjadi lemas dan kesulitan untuk bergerak.

Yuk Baca : Ciri-ciri Kucing Demam Flu

7. Sering menjilati tubuh

Induk kucing yang mau melahirkan akan lebih sering menjilati tubuhnya sendiri. Proses ini bertujuan untuk mendorong keluarnya hormin sehingga memudahkan proses kelahiran.

Yuk Baca : Manfaat Air Kepala Untuk Kucing Keracunan

8. Susah bergerak

Kucing dengan hamil besar yang mau melahirkan. Bisa di pastikan akan mengalami kesulitan untuk bergerak. Kemungkinan sudah mengalami kontraksi.

Yuk Baca : Ciri-Ciri Kucing Sakit dan Cara Mengobatinya

9. Suhu tubuh menurun

Masa kehamilan yang mendekati waktu lahiran, terutama 12 – 24 jam sebelum kelahiran. Induk kucing akan mengalami penurunan suhu tubuh.

Suhu normal induk kucing yang mau melahirkan adalah 37-38 derajat celcius. Jika kucing normal sekitar 38-39,2 derajat celcius.

Yuk Baca : Bagaimana Ciri-Ciri Kucing Mau Mati ?

10. Nafas terengah

Jika kalian perhatikan, induk kucing yang melahirkan akan nampak terengah-engah. Pernafasan dan denyut jantungnya menjadi lebih cepat.

Ciri ini menunjukkkan jika induk kucing sedang mengalami kontraksi. Ini karena osisi janin kucing di dalam rahim berpindah ke mulut rahim.

Yuk Baca : Cara Mengobati Kucing Cacingan Dengan Bahan Alami

Masa Kontraksi dan Anak Kucing Lahir

Biasanya masa kontraksi kucing bisa berlangsung selama 12 jam sebelum melahirkan.

Ketika janin dalam perut mulai memasuki daerah pinggul, induk kucing akan merasakan gelisa dan mencari posisi ternyaman untuk melahirkan.

Setela itu biasanya si induk kucing akan mengejan 1-2 kali selama 10-30 menit untuk melahirkan setiap anak kucing.

Untuk kucing, biasanya yang di lahirkan bisa kepala atau kakinya terlabih dahulu.

Selepas bayi kucing keluar, biasanya si induk akan menjilati kantung ketuban anak-anaknya sampai anak-anaknya bisa bernafas.

Bahkan kantung ketuban akan di makan oleh sang induk dan di lanjut dengan memotong tali pusarnya dengan cara di gigit.

Proses melahirkan, akan di akhiri dengan keluarnya plasenta dari rahim induk kucing.

Yuk Baca :

,