Cara Menghilangkan Kutu Kucing

Cara Menghilangkan Kutu Kucing – Kepala kamu pernah merasakan gatalnya terkena kutu ? Kalo admin si belum pernah. Kutu sangat menyukai tempat yang gelap dan hangat seperti rambut kita atau bulu kucing.

Kasian banget ya jika kucing kesayangan kita terserang kutu. Kamu harus segera cari tau nih cara menghilangkan kutu yang ampuh dan efektif.

Jangan sampai kucing kamu kelamaan merasakan gatal. Ngga tega kan jika liat kucing kesayangan kita garuk-garuk bahkan mengigit tubunya sendiri.

Jika sampai di biarkan, takutnya kulit si kucing akan lecet atau luka yang bisa menyebabkan alergi bahkan infeksi sekunder.

Kasian kan kesehatannya terganggu ?

Maka dari itu, kepikiran.info akan bagikan informasi cara menghilangkan kutu tanpa harus pergi ke dokter hewan.

Yuk simak terus pembahasannya ya !

Cara Mudah Menghilangkan Kutu Kucing

Berikut cara menghilangkann kutu atau membersihkan kutu pada kucing kesayang kita.

1. Mandikan kucing dengan shampo khusus

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Shampo Khusus Anti Kutu Kucing

Cara ampuh dalam mengusir dan mencegah kutu pada tubuh si kucing adalah menjaga kebersihan tubuh si kucing.

Kamu harus rajin memandikan si kucing. Kegiatan grooming merupakan metode yang bagus dalam cara menghilangkan kutu telur pada kucing.

Oh iya supaya lebih ampuh, kamu bisa menggunakan shampo anti kutu kucing ( kalo bisa yang aroma lemon ya ).

Shampo ini biasa di gunakan para catlover untuk menghilangkan kutu pada anak kucing.

Agar si kutu tidak kembali lagi ke tubuh si kucing, kamu menggunakan shampo anti kutu pada saat memandikan si kucing.

Ya minimal sebulan sekali, namun harus rutin dan konsisten ya supaya hasilnya juga maksimal.

2. Sisir anti kutu kucing

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Sisir Anti Kutu Kucing

Ada juga prodak sisir khusus untuk menghilangkan kutu kucing. Kamu bisa mendapatkannya di phetshop.

Adapun cara memakainya untuk menghilang kucing, entah sehabis mandi atau kapan saja bisa.

3. Batasi aktifitas di luar rumah

Jika kucing kesayangan kamu suka berpetualang, kemungkinan besa akan mudah terserang kutu.

Kamu bisa mengatasinya dengan membatasi si kucing beraktivitas di luar rumah.

Misalnya dengan menutup pintu, cendela dan lubang dimana dia bisa kabur dari dalam rumah.

4. Spray anti kutu kucing

Prodak ini hampir sama dengan obat tets, hanya perlu perhatian dalam pemakaiannya.

5. Obat tetes

Kamu bisa menggunakan obat tetes anti kutu kucing.

Menggunakan obat tetes anti kucing, namun ingat hanya di gunakan untuk kucing yang sudah berumur dewasa ya.

Sebelum pemakaian kamu wajib membaca aturannya terlebih dahulu ya. Sehingga kamu tau takaran yang harus digunakan.

Oh iya ingat juga, obat ini hanya digunakan pada daerah tengkuk atau leher si kucing. ini bertujuan supaya kucing kesayangan kamu nggak menjilat-jilat.

6. Obat fluffy cat

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Obat fluffy cat

Admin kasih rekomendasi nih, salah satu obat kutu kucing yang manjur namanya Fluffy cat.

Obat kutu kucing ini harganya murah kok cuma Rp 129.000 saja.

Kamu bisa membelinya di toko hewan atau pet shop terdekat.

Kasihan kan kucing kesayangan kamu terkena kutu, Cobain deh Fluffy cat sekarang juga.

7. Minyak telon

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Minyak telon

Ternyata minyak telon merupakan obat yang praktis loh sebagai pengusir kutu kucing.

Caranya mudah sekali kok, kamu hanya tinggal mengusapkan minyak telon ini ke bagian kulit kucing yang banyak terdapat kutunya.

Tapi jangan kebanyakan ya, biar sewaktu-waktu kucing kesayangan kamu menjilati tubuhnya tidak sampai ke bagian yang kita olesi tadi dengan minyak telon.

8. Menyisir bulu kucing

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Menyisir bulu kucing

Cara menghilangkan kutu kucing yang ampuh adalah dengan menyisir bulu kucing.

Cara ini cocok banget dilakukan setelah kita memandikan si kucing.

Kalau kamu pingin mencegah si kutu kembali lagi ke tubuh si kucing, sisir saja bulu kucingmu secara teratur.

Selain itu, menyisir bulu kucing juga bagus loh untuk merawat bulu kucing supaya lebat dan halus.

9. Menyemprotkan air cuka

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Air Cuka

Kamu tahu enggak ? Kalau kutu sangat tidak suka dengan aroma cuka loh.

Nah kamu bisa menghilangkan kutu pada si kucing dengan air cuka.

Caranya, air dan cuka dicampur kan ke dalam panci dengan perbandingan 50:50 ya. Kemudian hangatkan dengan api sedang.

Jika sudah, air yang tadi dicampur kemudian dimasukkan ke botol semprot.

Tinggal disemprotkan deh ke bagian tubuh kucing yang terdapat kutunya.

Namun ingat ya saat menyemprotkan cairan ini, Jangan sampai terkena mata atau masuk ke dalam telinga si kucing.

10. Menggunakan jus lidah buaya

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Jus Lidah Buaya

Salah satu obat kutu kucing alami yang manjur dan efektif untuk menhilangkan kutu kucing adalah jus lidah buaya.

Metode ini wajib kamu coba ya untuk mengusir kutu kucing.

Caranya lidah buaya dan sedikit cabe rawit dibuat jus. kemudian masukkan cairan ini ke dalam botol semprot sebagai semprotan anti kutu kucing.

11. Menggunakan semprotan lemon

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Lemon

Cara lain yang ampuh untuk membasmi kutu pada kucing adalah dengan semprotan berbahan dasar buah lemon.

Ini karena lemon memiliki kandungan asam sitrat di mana asam ini sangat tidak disukai oleh bangsa kutu.

Caranya:

  • Ambil buah lemon.
  • Potong menjadi 4 bagian.
  • Kemudian letakkan di air mendidih.
  • Pastikan ke-4 bagian lemon ini terendam air panas ya.
  • Diamkan kurang lebih semalam dan kemudian disaring.

Air lemon yang sudah disaring masukkan ke dalam semprot sebagai obat alami anti kutu pada bulu kucing.

12. Cuka apel

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Cuka apel

Cuka dari Sari apel mempunyai bau yang sangat busuk sehingga tidak di sukai oleh kutu kucing.

Kamu bisa memanfaatkan apel untuk mengusir kutu pada kucing.

Caranya cuka apel dan air dicampur dengan perbandingan 2:1.

13. Garam

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Garam

Bumbu dapur yang satu ini juga terbilang ampuh loh untuk menghilangkan kutu kucing terutama Larva dan telur kucing.

Caranya tambahkan garam ke air hangat secukupnya, Kemudian rendam kucing di larutan air hangat yang sudah dicampur dengan garam tadi.

Tapi ingat ya , jangan sampai si kucing kesayangan kamu tenggelam.

14. Vaksin ivermectin

Cara Menghilangkan Kutu Kucing Dengan Vaksin ivermectin

Cara menghilangkan kutu pada kucing yang terakhir adalah kamu bisa menggunakan vaksin ivermectin.

Namun ingat sebelum penggunan, ada baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter hewan ya.

Sebab sebagian orang mengira jika vaksin Ivermectin merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi jamur pada kucing.

Padahal obat ini digunakan untuk membasmi kutu kucing. Terutama untuk membasmi cacing dan ektoparasit seperti kucing.

Namun vaksin yang satu ini tidak bisa untuk membunuh telur kutu.

Dibutuhkan minimal 3 kali suntikan vaksin ivermectin dengan jarak waktu sekitar 3-4 Minggu supaya hasilnya lebih maksimal.

Ingat ! vaksin ini tidak boleh digunakan untuk anak kucing yang usianya dibawah 3 bulan karena bisa membuat si kucing mengalami keracunan bahkan kerusakan pada ginjal.

Jangan Berikan 4 Cara Ini

Cara Menghilangkan Kutu Kucing

1. Berikan bedak

Lah kok ngga boleh ?

Karena sudah banyak kasus yang terjadi di mana kucing diberikan bedak kemudian dimandikan.

Pada akhirnya kucing mengalami muntah-muntah dan malah terkena alergi.

Jadi ada bagusnya pemakaian bedak untuk menghilangkan kutu kucing Jangan dilakukan ya.

2. Obat kimia berlebih

Tentu ini sudah jelas tidak boleh dan harus sesuai dosis serta cara pemakaiannya Misalnya saja spray anti kutu.

Jangan semprot bulu kucing hingga basah cukup sedikit saja. Kalo sampai basah maka berbahaya untuk kucing kesayangan kamu.

3. Minyak kayu putih

Banyak orang yang menyarankan minyak kayu putih merupakan cara yang ampuh untuk menghilangkan kutu kucing.

Namun kami tidak menyarankannya ya.

Jika kamu oleskan minyak kayu putih ke daerah kulit si kucing. Ini akan memberikan kesempatan kucing kesayangan kamu untuk menjilati daerah tersebut.

Yang ditakutkan jika sampai menjilat. Kucing kamu jadi nggak mau makan bahkan mengalami muntah muntah.

4. Obat kimia

Pernah menggunakan obat kimia untuk menghilangkan kutu kucing. Kalaupun kamu ingin menggunakan obat kimia usahakan uang sudah dianjurkan oleh dokter ya.

Yuk Baca !!!
Cara mengubur bayi kucing
Cara melebatkan bulu kucing persia medium
Cara membersihkan telinga kucing bagian dalam
Cara Menjinakan Kucing Hutan

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Sekitar Rumah

Cara Menghilangkan Kutu Kucing di Sekitar Rumah

1. Tanah diatom

Tanah diatom ini sangat berguna banget loh untuk mengusir atau menghilangkan kutu kucing dari sekitar rumah kamu.

Kamu bisa membeli tanah diatom ini di pet shop atau online shop terpercaya.

Untuk pemakaiannya hanya menaburkan tanah diatom ini di lingkungan tempat tinggal maupun kandang kucing kamu. Namun jangan kebanyakan juga ya.

2. Bersihkan lingkungan

Sebetulnya ini wajib dilakukan entah kamu memiliki kucing atau tidak. Yang jelas wajib menjaga kebersihan lingkungan.

Jika lingkungan bersih kemungkinan kecil kutu akan menyerang lingkungan bahkan si kucing kesayangan kamu.

Catatan :

Pemakaian obat kimia mungkin tidak bermasalah namun jauh lebih bagus diselesaikan dengan menggunakan cara yang alami.

Jadi, jika sewaktu-waktu si kucing kesayangan kamu terkena kutu sehingga tidak terlalu bergantung pada obat kimia.

Yuk Baca !!!
Cara Memandikan Kucing Sakit
Cara Merawat Bulu Kucing Bengal
9 Cara Membuat Kucing Gemuk
Cara melatih kucing agar tidak buang kotoran sembarangan
Cara Memotong Kuku Kucing Persia Medium
,