Cara Menghemat Baterai iPhone

Salah satu komponen paling penting di dalam sebuah smartphone adalah Baterai. Lalu gimana jika kita mengalami yang namanya Baterai boros ? Tenang, kita bisa mengatasinya dengan beberapa cara menghemat baterai iPhone.

Sejatinya, hal yang membuat bateri iPhone menjadi boros adalah banyaknya aplikasi yang kita jalankan. Bahkan banyak dari kita yang menjalankan aplikasi hanya sebagai pajangan saja.

Untuk itulah, kamu perlu tau yang namanya cara menghemat Bateri di iPhone dengan tips-tips sederhana. Cara yang kita berikan juga berguna untuk semua model Hp iPhone seperti iPhone 5, 5s, 6, 6s, 7, 7plus, 8, 8 plus, X, 11 dan 11 pro. Selain itu, cara ini juga berlaku untuk semua versi di iOS seperti OS 9, 10, 11, dan 12.

1. Matikan Fitur Reducing Motion

Cara pertama yang bisa kamu gunakan untuk menghemat baterai di iPhone adalah dengan mematikan fitur reducing motion.

Memang fitur ini memberikan efek animasi di iPhone yang membuat kita tertarik. Namun sayangnya, kita harus membayarnya dengan daya bateri yang lumayan banyak.

Maka dari itu, kita bisa mematikan fitur ini. Untuk mematikan tinggal pergi ke Settings > Accessibility > matikan Reduce Motion.

2. Mengatur GPS

Artian mengtaur GPS di sini adalah mengatur aplikasi mana saja yang boleh menggunakan layanan lokasi ini.

Ingat, bukan mematikan fitur ini ya !

Meskipun fitur ini membuat Device milik kita menjadi lebih pandai. Tapi sayangnya, terlalu banyak aplikasi yang kita izinkan. Sehingga banyak menyedot daya baterai.

Untuk mengaturnya : Buka menu Settings > pilih Privacy > pilih Location Service.

Kemudian scrool kebawah daftar aplikasi guna melihat aplikasi mana saja yang di perbolehkan memakai layanan GPS.

3. Aktifkan Fitur Modus Low Power

Fitur ini sendiri berfungsi untuk mematikan aplikasi yang berkerja dari latar belakang, mengurangi tingkat kecerahan layar, dan lainnya.

Dengan kita mengaktifkan fitur ini, kerja prosesor juga akan di tekan supaya mengurangi pemakaian baterai.

Kalau aku saranin sih mending kamu mengaktifkan fitur ini jika memang dalam kondisi harus menghemat baterai. Contohnya, sedang dalam perjalan jauh yang membutuhkan waktu lama.

Namun jika pemakaian sehari-hari, sih tidak perlu mengaktifkan fitur ini. Karena akan menghambat kinerja hp itu sendiri.

Untuk mengaturnya : Buka Settings > pilih Battery > nyalakan atau matikan Low Power Mode.

4. Persingkat Auto-Lock

Auto Lock merupakan fitur yang menunggu sebelum iPhone standby. Fitur ini sangat berengaru dalam menghemat baterai.

Kita bisa memilih waktu yang paling singkat yaitu 30 detik. Selepas waktu tersebut, iPhone akan akn terkunci secara otomatis.

Caranya : Buka Settings > pilih menu General > pilih Auto-Lock.

5. Matikan Notifikasi pada Kunci Layar

Untuk versi iOS 10 secara default aplikasi menampilkan notifikasi di layar terkunci, sehingga membuat iPhone kita menyala.

Sebenarnya, fitur cukup membantu. Namun sayangnya, kita harus membayar daya baterai yang lumayan banyak.

Semakin aplikasi yang kita izinkan, maka semakin bagus dalam menghemat baterai. Sehingga daya tahan baterai menjadi lebih lama.

Cara mengaturnya : Pergi ke menu Settings > pilih Notification > pilih aplikasi dan matikan pilihan Show on Lock Screen.

6. Matikan Dynamic / Live Wallpaper

Meskipun tampilan membuat layar iPhone kita menjadi keren. Tapi sayang, kita harus mengorbankan daya tahan baterai yang lumayan boros.

Sehingg ada bagusnya di matikan saja, untuk menghemat daya tahan baterai iPhone kita.

7. Matikan Fitur Handoff

Aplikasi kita tidak mempunyai perangkat Aplle lainnya ? Matikan saja fitur Handoff, untuk menghemat daya tahan baterai iPhone kita.

Cara mengaturnya : Pilih General > pilih Handoff > pilih matikan fitur tersebut.

8. Matikan Data Seluler

Ketika kamu menggunakan jaringan wifi. Lebih baik Data Selularnya di matikan saja. Karena bisa menghemat konsumsi baterai.

9. Matikan WiFi

Apabila kita menggunakan data selular untuk berinternetan. Lebih baik baik wifi-nya dimatikan saja untuk menghemat daya konsumsi baterai.

10. Hapus Aplikasi Boros Baterai

Bagi pengguna iOS versi 9, 10, dan 8. Kalian akan melihat daftar aplikasi yang paling boros pada Battery Usage.

Cara membukanya : Buka menu Settings > pilih General > pilih Battery.

Gulirkan ke bawah, kalian akan melihat mana aplikasi yang paling banyak memakan baterai dalam 24 jam terakhir.

Jika ada aplikasi yang tidak penting dan jarang di gunakan. Kita bisa menghapus aplikasi tersebut, supaya konsumsi baterai menjadi lebih awet dan tahan lama.

11. Matikan AirDrop

AirDrop adalah sebuah fitur yang membutuhkan koneksi Bluetooth. Fitur ini berguna untuk mentransfer foto atau file ke perangkat iPhone terdekat kita.

Tapi sayangnya, fitur ini cukupa banyak memakan daya baterai. Lebih baik gunakan fitur ini jika hanya di butuhkan. Apabila tidak lebih baik nonaktifkan saja.

12. Nonaktifkan Spotlight

Fitur di iOS ini akan terus berkerja di latar belakang. Fungsi dari fitur ini adalah mengindeks suatu data yang memudahkan kita untuk mendapatkan apa yang kita inginkan.

13. Mematikan Raise to Wake

Jika kamu pengguna iOS 10 maka akan melihat fitur ini. Fungsi dari fitur ini adalah untuk menghidupkan iPhone secara otomatis pada saat kita angkat.

Jadi, kita tidak perlu menekan tombol apapun untuk menyalakan iPhone. Meskipun fitur in memudahkan kita, karena bisa melihat jam atau notifikasi yang ada.

Namun tetap saja, jika menurut kamu tidak terlalu penting. Lebih baik di matikan saja, karena menyedot cukup banyak daya baterai iPhone.

Untuk mematikannya : Buka Settings > pilih Display & Brightness.

Kemudian gulirkan ke bawah, sampai kita menemukan opsi Raise to Wake. Matikan fitur tersebut.

Tambahan, fitur ini juga bisa kamu dapati di iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7 dan seri setelahnya.

14. Matikan Aplikasi Latar Belakang

Cara menghemat baterai iPhone selanjutnya adalah dengan mematikan menonaktifkan beberapa aplikasi tidak penting di latar belakang.

Karena tidak semua aplikasi memerlukan fitur Background App Refresh. Contohnya Game. Namun untuk Messaging, wajib menyalakan fitur ini.

Semakin banyak aplikasi yang memakai fitur ini. Maka semakin banyak penggunaan daya baterai iPhone kita.

Cara mematikannya : Buka Settings > pilih menu General > pilih Background App Refresh.

kemudian pilih aplikasi yang di rasa kurang penting.

15. Rumor Menutup Aplikasi

Bisa di pastikan, jika anggapan kalian menutup aplikasi akan mengurangi penggunaan daya baterai iPhone itu salah besar.

Cara ini akan berguna untuk membebaskan RAM. Artinya ketika kita membuka aplikasi itu lagi, iPhone harus memuat ulang ke dalam memori.

Apple sendiri sudah mengkonfirmasi jika penutupan aplikasi tidak akan berdampak apapun terhadap daya tahan baterai.

Jadi anggapan kalian selama ini bahw aplikasi latar belakang akan menguras daya ternyata tidak benar.

Cara mematikannya : Buka Settings > pilih Wallpaper > pilih Choose a new wallpaper > pilih Stills atau pilih gambar dari galeri.

Itulah sekitar 15 cara menghemat baterai iPhone dengan mudah yang bisa kita lakukan. Silahkan pilih cara yang menurut kamu paling tepat, ampuh dan efisien.

cara mengusir tikus yang merajalelacara mengusir curutcara unbind akun moontoncara menghapus akun tokopediacara hapus akun tokopediakucing anggoracara menghapus akun shopeetukar poin indosatcara mengusir tikus curutcara mengusir tokekHApus akun tokopediacara menghilangkan kutu beras dalam karungcara mengusir tawon ndas di pohonciri ciri kucing hamil mudacara unbind moontoncara menghapus akun ml di hp orang lainShopeecara menghapus akun coccara mengusir tikus yang membandelmengusir tawon dengan baygon,