Ada beragam jenis fitur yang ada di smarphone android. Salah satunya getar, fitur ini keberadaannya bagi sebagian orang sangat penting sekali. Karena untuk menunjang kebutuhan notifikasi.

Ngomong soal fitur getar nih ? Mungkin diantara kalian ada yang mengalami masalah yaitu hp tidak bisa getar ? Sehingga kalau ketika hp mode silent tidak bisa mengetahui jika ada pemberitahuan yang masuk ke hp.

Lalu gimana cara mengatasinya kalau hp tidak bisa bergetar ? Kamu nggak perlu kuatir, karena kepikiran.info akan membahasanya di bawah ini.

A. Penyebab HP Tidak Bisa Getar

Intinya kenapa hp kamu tidak bergetar, karena ada kerusakan yang berasal dari sistem maupun komponen, seperti rusaknya PCB, komponen getar, aibat kostum ROM dan root.

1. Kerusakan PCB

Biasanya kalau pcb mengalami kerusakaan di sebabkan oleh kotoran. Sehingga menghambat jalur menuju komponen terputus. Selain itu, pcb juga bisa rusak akibat terkena air.

2. Akibat custom rom

Bagi kamu yang suka oprek-oprek hp, penggunaan costum rom juga bisa menjadi penyebab kenapa hp kamu tidak bergetar.

Costum rom yang tidak sesuai bisa membuat beberapa fiur pada smartphone menjadi tidak aktof.

3. Efek root

Memang root sering kali membuat beberapa fitur di hp menjadi tidak aktof, salah satunya fitur getar. Kalau hp kamu tiba-tiba tidak bisa getar, bisa jadi salah satu penyebabnya efek root.

4. Komponen vibrator rusak

Kalau komponen ini sampai rusak dan tidak aktif, wajar saja kalau hp kamu tidak bisa bergetar ya.

Sebab komponen vibrator lah yang menjadikan hp kamu dapat bergetar.

5. Fitur Getar Belum Aktif

Penyebab lain yang membuat hp kamu tidak bisa bergetar adalah belum aktifnya fitur getar.

Padahal untuk mengaktifkannya kamu hanya perlu mengatur volume dan fungsi mode. Tapi tetap saja, terkadang kita lupa mengaturnya secara manual.

B. Cara Memperbaiki HP Tidak Bisa Getar

Nah setelah kamu tau beberapa penyebab yang membuat kamu tidak bisa bergetar. Kini lanjut ke pembahasan utama yaitu cara mengatasi hp tidak bisa getar.

1. Cek Fungsi Getar Melalui Kode Rahasia

Cek Fungsi Getar Melalui Kode Rahasia

Nah, di sini kamu harus memastikan apakah getar hp kamu benar-benar tidak aktif atau tidak.

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengeceknya. Jika kamu melalui menu nggak bisa, maka bisa melalui kode rahasia.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Dial Pad, kemudian ketik *#0*#.
  • Setelag itu, akan muncul jendela baru.
  • Tap opsi Getar untuk memulai pengecekan.
  • Jika normal, maka HP kamu akan bergetar terus menerus.

Intinya, kalau getarannya masih muncul, berati komponennya masih keadaan normal.

Cara ini juga berguna lho untuk mengaktifkan kembali fungsi getar yang sempat error.

2. Aktifkan Fitur Getar Secara Manual

Aktifkan Fitur Getar Secara Manual

Cara kedua yang bisa kamu gunakan adalah meng-aktifkan fitur getar secara manual.

Sayangnya cara ini, masih jarang di gunakan sebagian orang , karena kurang instan kali ya ?

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka Setelan HP Android.
  • Masuk ke menu Aksebilitas > Getaran.
  • Lalu aktifkan getaran di sana.

Jika sudah, kamu bisa langsung mengecek kembali fungsi dari getaranya dengan cara pertama tadi.

Secara umum, letak menu getar ada di Aksebilitas. Kalau belum ada, bisa di sesuaika lagi. Pasti ada di pengaturan hp kamu.

3. Unroot HP

Unroot HP

Meskipun tidak semua hp kalau di lakukan rooting menjadi error dan fitur-fitur tertentu menjadi tidak aktif.

Tapi kalau melakukan hal ini, dan sih hp mengalami masalah yaitu tidak bisa getar.

Cara mengataisnya mudah banget kok, hanya perlu melakukan unroot kembali sih hp.

Unroot sendiri berfungsi untuk menghilangkan akses root seara keseluruhan pada smartphone. Sehingga bisa membuat hp menjadi keadaan default.

Lalu gimana caranya nih ? Setiap hp berbeda-beda ya. Ada yang pakai aplikasi A, dan ada yang pakai aplikasi B.

Silahkan browsing sesuai hp kamu.

4. Reset HP

Reset HP

Sebaiknya kalau kamu memakai di pertimbangkan terlebih dahulu kalau cuma mau mengatasi hp tidak getar.

Kalau udah yakin nih, jangan lupa data-data penting di backup terlebih dahulu ya.

Sebab setelah di reset, hp kamu akan kembali ke pangaturan awal atau seperti baru dari pabrik.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka setelan di ponsel kamu.
  • Masuk ke menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Llau, tap Kembalikan ke Pengaturan Pabrik.
  • Silahkan ikuti panduan resetnya ya.

5. Ketuk-Ketuk Bagian Kiri Bawah HP

Ketuk-Ketuk Bagian Kiri Bawah HP

Kebanyakan komponen getar, berada di bagian kiri bawah hp.

Nah untuk mengecek rusak atau posisinya bergeser, kamu bisa coba dulu dengan mengketuk-ketuk bagian kiri bawah hp, berikut caranya:

  • Matikan terlebih dahulu hp kamu.
  • Lepas baterainya (kalau bisa).
  • Lalu ketuk-ketuk bagian ujung kiri HP ke lantai. Lakukan perlahan saja ya.
  • Terus ketuk beberapa kali.
  • Jika di rasa sudah, hidupkan kembali hpnya.
  • Kemudian cek lagi getarnya.

Biasanya sih dengan memakai cara ini, hp kamu akan getar kembali. Pastikan kamu nggak mengetuk terlalu keras ya, takutnya touchscreen kamu malah rusak atau bermasalah.

Note: Mematikan hp adalah wajib ya ! Tapi kalau mau di hdiupkan juga bisa sambil di cek.

6. Servis HP

Servis HP

Kalau cara-cara di atas sudah tidak ada hasilnya, artinya hp kamu minta di servis.

Biasanya sih komponen getar sudah benar-benar rusak dan minta di ganti dengan yang baru.

Soal hargnya sih keknya nggak terlalu mahal. Coba browsing aja kalau soal harga.

Tapi kalau hp kamu masih ada garansi dari pabrik, malah nggak ada biayanya alias gratis.

Mungkin itu saja informasi yang bisa kamu sampaika untuk anda, mengenai cara mengatasi hp tidak bisa getar. Semoga tips di atas bermanfaat ya teman-teman.

Artikel Lainya
Cara Membersihkan RAM HP Xiaomi
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di HP Xiaomi
Cara Mengembalikan Keyboard Yang Hilang di HP Xiaomi
Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang di Hp Xiaomi
Cara Mengatasi Galeri Yang Tidak Bisa Menampilkan Gambar
Cara Memperbaiki Launcher Telah Berhenti
Cara Menghentikan Donwload Otomatis di Hp Android
Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Hp Android

Leave a Reply

cara unbind akun moontoncara menghapus akun tokopediacara hapus akun tokopediacara mengusir tikus yang merajalelacara mengusir curutcontoh usernamecara kredit hp di shopee lewat indomaretHApus akun tokopediaunbind akun moontoncara mengusir tokekcara menghapus akun shopeecara cicilan di shopee lewat indomaretcara menghapus akun ml di hp orang laincara menghapus akun moontoncara unbind moontoncontoh USERNAME shopeeusername shopeecara membasmi ulat bulu dengan air beraskucing anggoracara mengusir tikus yang membandel,