Cara Mengatasi HP Android Suka Download Sendiri

Cara Mengatasi HP Android Suka Download Sendiri

Banyak dari kita yang hp androidnya suka download sendiri, bahkan sampai ada lho yang sampai menginstall sendiri. Masalah ini kerap kali muncul pada saat hp di gunakan, terutama ketika terhubung ke jaringan internet. Mengenai kendala ini, banyak orang yang belum tau cara mengatasinya dan bingung gimana cara menghentikan donwload otomatis. Untuk itulah, kepikiran.info akan mengulasnya.

A. Penyebab HP Donwload Sendiri

Ada beberapa faktor yang membuat hp android kita terkadang suka donwload sendiri, seperti:

  • Adanya virus hadware.
  • Googla Playstore sedang update.
  • Browser sedang melanjutkan proses unduhan.
  • Dan lain hal.

B. Cara Mengatasi HP Donwload Sendiri

Setelah kamu tau beberapa penyebab hp suka donwload sendiri. Sekarang kita lanjut ke pembahasan utama yakni cara mengatasinya:

1. Matikan Update Otomatis Playstore

Biasaya di ponsel baru, setelan update otomatis sudah ada tanpa kamu menyetting terlebih dahulu. Bahkan di semua jaringan ya, dari paket data maupun WIFI. Proses pembaruan ini juga akan terlihat sebagai aktivitas donwload. Untuk itulah kamu perlu mematikan terlebih dahulu. Berikut cara mengaturnya lewat playstore:

  • Buka google playstore di hp kamu.
  • Kemudian klik tombol Menu.
  • Masuk ke menu Setelan.
  • Kamu bisa mengatur pembaruan otomatis ke opsi Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis.
  • Setelah, hp kamu restart terlebih dahulu.

2. Hentikan Proses Unduh Manager

Aplikasi donwload manager ini tipenya hampir sama dengan backgorund service. Jadi kamu perlu menghentikan prosesnya.

Caranya gampang banget kok:

  • Masuk ke Setelan Hp kamu.
  • Pilih opsi menu Aplikasi.
  • Cari Aplikasi Download Manager.
  • Klik opsi Force Stop atau Paksa Berhenti.

Setelah proses itu, kamu bisa melakukan proses clear data dan clear cache. Opsi ini juga terletak di halaman yang sama dengan setelan force stop.

3. Cek Browser

Mungkin dulu kamu pernah download di browser, prosesnya belum selesai atau bisa jadi kamu lupa menghentikannya. Selain itu, ada beberapa browser sejenis aplikasi background service yang mana masih berjalan di latar belakang. artinya, meskipun kita sudah tutup browsernya, namun aktivitas juga tidak ada ikut berhenti. Bahkan proses tersebut, masih bisa muncul secara tiba-tiba . Misalnya kalau kamu merestart hp. Untuk mengatasinya, kamu cukup buka browser yang jadi penyebabnya, kemudian hentikan proses donwloadnya.

4. Coba Cek, Adakah Aplikasi Penyebab Virus ?

Apabila di hp android kamu ada virus sejenis adware, maka bisa berdampak pada kendala ini yakni download secara otomatis dan install aplikasi sendiri secara tiba-tiba. Untuk mengatasinya, kamu mengecek aplikasi apa saja yang terinstall. Jika ada aplikasi penyebab virus bisa kamu hapus. Cara lainnya adalah dengan mencoba menggunakan pembersih virus. Tapi juga sebenarnya masalah adware ini juga jarang di di temui. Nggak ada salahnya juga di cek.

5. Reset Hp

Nah kalau cara di atas juga belum bisa mengatasi kendala hp kamu, coba deh dengan cara ini yaitu dengan mereset hpnya. Biasanya sih kendala hp kalau di atasi dengan di reset factory akan kembali normal. Karena kembali ke pengaturan awal atau layaknya hp baru dari pabrik.

6. Unroot HP

Hp android yang dalam kondisi root, biasanya hal akses usernya masih suka berjalan sendiri tanpa kita ketahui. Alhasil membuat proses tiba-tiba berjalan di background service termasuk proses download. Solusi yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan melakukan unroot hp android kamu. Dengan begitu, maka hak akses user akan kembali di vatasi dan proses-proses tiba-tiba akan berhenti secara otomatis.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi hp android suka download sendiri. Semoga ulasan di atas bermanfaat ya.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *