6 Cara Mengatasi HP Tidak Bisa 4G atau Hilang

Cara Mengatasi HP 4G Hilang

Bisa di bilang semua smarthpone keluaran terbaru sudah di dukung dengan jaringan 4G. Nggak heran sih, kalau jauh lebih cepat dalam mengakses interntet.

Namun yang menjadi masalah adalah sinyal 4G ini belum stabil, sehingga sering hilang sendiri. Kondisi ini bisa terjadi semua merk smartphone loh seperti Xiaomi, Andromax, Lenovo, Samsung, Asus, Oppo, Realme, Vivo, Evercross, Advan, dan lain sebagainya.

Dan ini juga berlaku untuk semua provider loh seperti XL, Axiz, Tri, Indosat, Telkomsel, Smartfren dan lainnya. Lantas apa yang menjadi penyebabnya ? dan Gimana cara mengatasinya ? Bagi yang mau tau solusinya, yuk simak pembahasannya di bawah ini.

A. Penyebab Sinyal 4G Hilang

Ada banyak penyebab yang membuat jaringan hp 4g hilang begitu saja, seperti:

  • Ada masalah pada kartu SIM.
  • Sistem HP mengalami kendala.
  • Lokasi yang tidak mendukung.
  • Frekuensi jaringan hp tidak cocok dengan frekuensi jaringan operator indonesia.

Kondisi di ataslah yang mana akhirnya bisa mengakibatkan jaringan 4G tidak muncul. Nah setelah kamu tau beberapa penyebabnya, sekarang lanjut ke pembahasan utama di bawah ini.

C. Cara Mengatasi Jaringan 4G Hilang

Ada banyak solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi sinyal 4g di hp android tidak muncul, seperti:

1. Setting HP dengan Benar

Mungkin bagi orang yang masih awam, bisa jadi salah setting menjadi penyebab kenapa sinyal 4G hilang.

Di android sendiri ada setelan bernama konfigurasi jaringan. Dimana settingan ini berfungsi untuk mengoptimalkan jaringan supaya lebih cepat atau menyesuaikan jaringan di tempat tinggal kamu.

Nah yang menjadi masalah adalah ketika kamu tidak sengaja salah menyetting. Misalnya ke kunci.

Tentu kondisi ini bisa membuat jaringan 4G tidak muncul, sekalipun hp kamu di restart.

Solusinya adalah mengecek dan membetulkan jaringan apabila ada kesalahan dari segi konfigurasi.

Selain itu, kamu juga bisa menyetting jaringan dengan memakai kode dial *#*#4636#*#* yang mana memungkinkan untuk merubah ke mode frekunesi ke jaringan tertentu.

2. Ganti Kartu SIM ke 4G

Selain spesifikasi hp, untuk mengunakan jaringan 4G, kartu sim juga harus sudah di support ke jaringan ini, mengingat kartu sim keluaran lama mayoritas hanya mendukung jaringan 3G.

Jika kamu mengalami hal ini, solusi yang paling tepat adalah membawah kartu lama ke kantor operator provider untuk di ganti kartu baru atau membeli nomor baru di konter terdekat.

3. Reset HP

Jika sudah di setting sedimikian rupa, namun masih belum bisa mengatasi jaringan 4G hilang maka solusi selanjutnya adalah mereset hp.

Biasanya cara ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah sistem yang error atau bug. Salah satunya jaringan 4G tidak muncul.

Namun pastikan kamu membackup semua data penting dari hp. Sebab reset factory akan menghilangkan semua file dalam hp kamu.

4. Hidupkan Mode Pesawat

Kalau jaringan hp kamu hilang, solsui lain untuk mengatasinya adalah mengaktifkan mode pesawat.

Fitur ini berfungsi untuk me-refresh sehingga bisa mengembalikan sinyal 4G yang hilang.

5. Restart HP

Cara yang paling aman dan biasanya terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan hp adalah merestart hp.

Biasanya sistem error atu bug akan hilang. Nggak ada salah kamu mencoba cara ini. Siapa tau yang tadinya sinyal 4G hilang bisa muncul kembali.

6. Update atau Ganti ROM

Apa sih ROM ? Gampang gini, ROM adalah sebuah penyimpan internal sebuah smartphone. Selain itu Rom juga bisa di sebut dengan Sistem hp.

Meskipun jarang banget terjadi dan berpengaruh pada jaringan. Namun jika rom yang bermasalah dan mengalami bug, bukan tidak mungkin berdampak pada sistem tertentu.

Oleh sebab, ada dua cara yang admin saranin untuk mengatasi masalah ini, seperti:

Update Android: Di sini kamu bisa melakukan pembaruan sistem android, sehingga masalah bug pada sistem bisa teratasi. Adapun caranya buka setelan, pilih About Phone dan System Updates.

Ganti ROM: Kalau ini sih sebeneranya bisa di ganti sesuai selera penggunanya. Selain sistem bawaan, ada banyak versi rom yang di kembangkan untuk perangkat android seperti ViperOS, Lineage OS dan lain sebagainya. Hal ini juga di kenal dengan nama custom ROM.

Kalau admin saranin sih mending di pikir-pikir dulu jika mau ganti ROM. Soalnya kalau ada masalah bakal susah mengatasinya, kamu harus lakukan unrot custom rom terlebih dahulu.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *