Cara Mengatasi Browser Terbuka Sendiri di Android

Mungkin dari kita ada yang pernah ngalami browser terbuka sendiri dan langsung menuju ke sebuah webiste tertentu yang kita sendiri kita tidak tau asalnya.

Kendala ini banyak di alami oleh pengguna smartphone android. Biasannya si terjadi ketika hp di pakai aktivias tertentu, misalnya main game, chatting, dan lain hal.

Nah untuk itulah, kepikiran.info akan memberikan cara mengatasi browser terbuka sendiri di android. Yuk simak pembahasannya di bawah ini.

A. Penyebab Browser HP Terbuka Sendiri

Ada banyak faktor yang membuat browser di hp android kita suka terbuka sendiri. Salah satunya sih virus adware.

Adware merupakan sebuah virus yang bisa menginstall dan menjalankan dirinya sendiri tanpa di ketahui oleh user.

Biasanya sih ketika adware berjalan, kemudian muncul iklan yang membawanya ke halaman tertentu di browser.

B. Cara Mengatasi Browser Tiba-Tiba Terbuka

Setelah kamu tau penyebabnya, sekarang lanjut ke pembahasan utama yakni cara mengatasi browser sering terbuka sendiri dan langsung membawa ke situs tidak di kenali. Berikut ulasannya.

1. Cari Aplikasi Penyebabnya

Seperti yang kamu tau, kalau penyebnya dari aplikasi. Maka kita harus mecari aplikasi pemicu adware tersebut, kemudian kita hapus.

Caranya gampang banget kok:

  • Buka setelan di hp android kamu.
  • Masuk ke Apps/Penyimpanan/Memori.
  • Cari aplikasi yang kamu curigai sebagai penyebab adware ini.

Banyak dari kita yang bingung gimana si ciri-ciri aplikasi penyebab adware ? Apalagi kalau kamu banyak menginstall aplikasi, malah akan tambah sulit kan.

Tapi tenang, kamu bisa kenali ciri-cirinya di bawah ini.

  • Biasanya memiliki nama tidak jelas. Bisa random atau punya nama tapi acak. Kalau aplikasi normal dia punya nama yang wajar.
  • Memiliki banyak icon acak segi gambarnya berkualitas rendah.

Nah jika kamu sudah menemukan aplikasi yang di curigai, silahkan ikut langkah-langkah di bawah ini:

  • Masih di setelan.
  • Pilih Apps.
  • Cari aplikasi adware yang di jumpai tadi, lalu hapus.
  • Kemudian restart hp android kamu.

Biasanya sih kalau pemicunya sudah hilang, masalah ini pun ikut hilang dan browser kamu akan normal lagi.

2. Gunakan Aplikasi Antivirus

Aplikasi antivirus tidak hanya bisa di pakai untuk laptop maupun komputer. Namun bisa di gunakan juga untuk perangkat android.

Silahkan kamu donwload aplikasi antivirus yang tersedia banyak di google playstore. Pilih sesuai keinginan dan kebutuhan hp kamu.

Admin saranin, pilih aplikasi antivirus yang sudah banyak di rekomendasikan oleh banyak orang supaya kualitasnya terjamin.

Jik sudah terpasang aplikasinya, silahkan scanning memakai antivirus tersebut.

Biasanya sih akan mengatasi masalah adware di hp android kamu.

3. Reset Factory

Jika dengan cara di atas belum bisa mengatasi permasalahan hp kamu. Silahkan gunakan cara selanjutnya yakni dengann melakukan reset factory.

Caranya mudah banget kok melakukan reset factory:

  • Buka pengaturan hp android kamu.
  • Masuk ke Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Klik opsi Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Catatan: Pastikan kamu membackup data-data penting terlebih dahulu supaya tidak hilang. Sebab yang namanya melakukan reset data, maka semua file akan hilang.

Catatan: Sebenarnya masih ada cara lain untuk mengatasi kendala ini yakni dengan advanced.

Misalnya dengan mengedit host hp atau URL sehingga masalah adware ini tidak muncul kembali sampai dengan mencari file adware secara langsung melalui direktori root.

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi browser terbuka sendiri. Semoga pembahasan di atas bisa bermanfaat untuka anda.

Artikel Lainya
Cara Memperbaiki Hp Yang Tidak Bisa Getar
Cara Membersihkan RAM HP Android Yang Penuh
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh di Hp Xiaomi Redmi 5a
Cara Mengatasi Keyboard Bawaan Android Tidak Muncul
Cara Menghentikan Aplikasi Latar Belakang di Hp Oppo
Cara Mengatasi Sayangnya Galeri Telah Berhenti di HP Xiaomi
Cara Mengatasi Launcher Telah Berhenti di Hp Vivo
Cara Mengatasi HP Android Suka Download Sendiri

Leave a Reply