Bagaimana sih cara mematikan HP baterai tanam atau Non-Removable Battery ? Sebenarnya muda saja kok. Tapi kebanyakan dari kita banyak yang belum tahu. Apalagi bagi orang yang baru menggunakan hp dengan baterai tanam. Tapi kamu nggak perlu risau, karena kita akan memberikan tutorialnya.

Sekarang ini hp yang di pasarkan sudah memakai baterai tanam bukan lepas lagi. Alasannya, hp akan menjadi lebih tipis. Karena casing belakang bisa langsung di optimasi oleh pabrik. Kemudian, baterai tanam di klaim lebih awet karena jarang di lepas.

Namun ada tapinya nih, kalau hp kita tiba-tiba hang atau stuck bisa bikin repot. Karena kita tidak tau cara melepasnya. Kalau baterai removable kita langsung bisa melepasnya begitu saja. Lantas gimana dengan baterai tanam ? Yuk simak pembahasannya di bawah ini ya.

A. Restart Dengan Menekan Tombol Power

Cara pertama yang bisa kamu pakai adalah dengan menekan tombol power untuk mematikan hp secara paksa.

Lalu gimana nih caranya ? Berikut langkah-langkahnya:

  • Ketika HP macet atau hang, silahkan tekan tombol power selama 10-15 detik.
  • Setelah itu, secara otomatis hp akan mati sendiri.
  • Kemudian hidupkan hp dengan memakai tombol power.
  • Jika hp tidak bisa mati, bisa pakai kombinasi tombol power + volume atas.

Restart Dengan Menekan Tombol Power

Mudah sekali kan ? Cara ini sudah banyak di gunakan orang-orang dan saya sendiri dan terbilang efektif kok.

Namun perlu kamu ketahui nih, untuk lama waktu penekan tombolnya setiap smartphone berbeda-beda ya. Ada yang 10 detik bahkan 30 detik.

Jika tombol kombinasi di atas nggak bisa, kalian bisa tombol kombinasi lainnya, seperti di bawah ini:

  • Tombol Power + Volume Up + Volume Down.
  • Tombol Power + Home.
  • Tombol Power + Volume Up (yang tadi).
  • Tombol Power + Volume Down.

Silahhkan di coba, sekiranya mana yang tepat buat hp kamu.

Baca Juga : Cara Cek Kesehatan Baterai Tanam Android

B. Tunggu Hingga Baterai Habis

Tunggu Hingga Baterai Habis

Cara kedua yang bisa kamu gunakan sangat simpel banget. Kamu hanya perlu nunggu baterai habis dan hp-nya akan mati sendiri. Baca Juga: Cara Mengatasi HP Ngecas Sendiri

Perlu di catat ini, meskipun hp kamu hang, kalau baterai bener-bener habis juga akan mati secara otomatis ya.

Setelah kamu cas dan di nyalakan kembali. Maka sistem HP akan di muat ulang kembali ya. Hasilnya untuk hp macet atau freeze bisa di atasi.

Namun di sini balik dengan kebutuhan kamu ya. Apakah mau sabar menunggu baterai-nya habis atau nggak ? Mengingat baterai sekarang daya tahannnya lumayan lama bahkan bisa berjam-jam lho.

Baca Juga : Cara Membersihkan RAM HP Android

C. Lihat Buku Panduan

Lihat Buku Panduan

Dari pada kamu bingung dan nggak tau cara mematikan hp baterai secara paksa, amu bisa mengecek buku panduannya terlebih dahulu. Di situ pasti tertera caranya.

Namun kebanyakan orang sekarang males untuk membacanya. Padahal buku panduan ini banyak memuat informasi penting yang bisa membantu, terutama bagi pengguna hp android baru.

Baca Juga : Cara Kalibrasi Baterai HP Android

D. Lepas Casing dan Copot Baterai

Lepas Casing dan Copot Baterai

Jika kamu sudah memakai cara di atas dan belum berhasil juga. Kamu bisa menggunakan cara terakhir, namun ya itu sedikit merepotkan ya.

Kamu bisa melepas casing hp dan mencopot baterainya. Nah sini kamu harus hati-hati ya, karena tidak semudah melepas casing dan baterai hp non tanam.

Ada beberapa cara yang bisa gunakan. Baca Juga: Cara Mengatasi Konektor HP Rusak atau Longgar

Coba lepas pinggiran casing memakai benda tipis. Atau bisa dengan alat khusus pembuka casing.

Jika sudah di buka maka proses selanjutnya lebih mudah. Kita tinggal melepas konektor baterainya, secara otomatis hp akan langsung mati.

Note: Cara yang kami berikan di atas bisa kamu terapkan di semua merk hp android ya, seperti Asus, Oppo, Realme, Xiaomi Samsung, Lenovo, Sony, Vivo, Huawei dan lain sebagainya yang menggunakan baterai tanam.

Baca Juga : Cara Mengatasi Memori Internal Penuh

Mungkin itu saja pembahasan yan bisa kami berikan mengenai cara mematikan hp baterai tanam. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

cara unbind akun moontoncara menghapus akun tokopediacara hapus akun tokopediacara mengusir tikus yang merajalelacara mengusir curutcontoh usernamecara kredit hp di shopee lewat indomaretHApus akun tokopediaunbind akun moontoncara mengusir tokekcara menghapus akun shopeecara cicilan di shopee lewat indomaretcara menghapus akun ml di hp orang laincara unbind moontoncara menghapus akun moontoncontoh USERNAME shopeeusername shopeecara membasmi ulat bulu dengan air beraskucing anggoracara mengusir tikus yang membandel,